Ibu Kota Baru Akan Terhubung Kereta Listrik ke Bandara Balikpapan


Merdeka.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah sedang menyelesaikan konsep pengembangan transportasi moda baru di Kalimantan Timur. Terutama adalah akses transportasi dari Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan ke lokasi Ibu Kota.
"Sebagai bayangan saja, dari Bandara Balikpapan ke kota harus gunakan jalan tol dan kereta api listrik," kata Budi saat ditemui di Redtop Hotel, Jakarta, Kamis (10/10).
Selain itu, ada juga opsi transportasi kapal yang menggunakan teknologi ramah lingkungan, misalnya dengan energi matahari. Sesampainya di area pemukiman atau Transit Oriented Development (TOD), kendaraan ramah lingkungan juga disiapkan.
"Bisa berupa kereta listrik atau semacam bus yang diadopsi dari teknologi lebih maju dia tidak berbasis rel tapi berbasis jalan dikombinasi. Kalau presentasenya Kereta Api akan dominasi transportasi publik di sana," ujarnya.
Selain itu, pemerintah saat ini juga menangkap aspirasi masyarakat selain mengembangkan ide yang ada. Gagasan ini akan dicocokkan dengan konsep-konsep yang sudah ada di pemerintahan.
Untuk saat ini, transportasi di lokasi tersebut masih konvensional, seperti menggunakan bus dan transportasi pada umumnya. Transportasi antara Balikpapan dan ibukota baru akan disinergikan.
Sementara itu, ketika ditekankan bahwa konsep Autonomous Rapid Transit (ART) dan bus amfibi sekarang masih menjadi pertimbangan alternatif. Namun, untuk kereta listrik, dia memastikan itu akan dibangun.
"Saya pikir ini suatu studi (ART dan bus Amfibi). Kita akan lihat apa utilisasi itu akan berikan suatu efektivitas bisa terjadi atau tidak. Tapi kalau kereta listrik bisa dipastikan," tutupnya. 
Share:

Postingan Populer

Recent Posts